Thursday, November 16, 2017

Tidak Perlu Bisa Membaca Kitab Untuk Mengkaji

Tahun 2011....


Lamat2 saya mendengar suara orang yang sedang membaca kitab dengan terjemahannya

Ya itu adalah paman saya, Lik Pali namanya

Saya segera bangun yang ternyata sudah jam 5 pagi... shubuh di masjid sudah usai...

Tidur menginap di rumah saudara famili di Pekalongan memang menyenangkan... adem tempatnya... di rumah ini lah saya lahir...


Setelah mengambil air wudhu dan shalat shubuh saya segera mendatangi paman saya yang sedang membaca dan menelaah kitab

Saya amati dengan seksama

Paman saya itu membaca kitab yang sudah ada beserta artinya, bukan kitab gundul atau kitab kuning


Saya langsung tersadar bahwa tidak mampu membaca kitab kuning bukan berarti tidak menelaah

Saya sapa beliau, dan beliau jawab : "Nderes....zal.... "

(Nderes : menelaah)

Bener... nderes... kitab itu dideres

Kagum saya pada beliau dan tersadar saya saat itu...

Saya memang tidak lancar baca kitab kuning, nahwu sorof yang sangat minim ini tidak mampu membaca kitab kuning gundul....

Tapi dari situ saya belajar dari beliau... kalau tidak bisa baca kitab gundul ya beli kitab yang sudah ada terjemahnya....

Tidak ada alasan untuk tidak nderes kitab....

Tidak ada alasan usia... usia paman saya sudah tidak muda lagi

Tidak ada alasan tidak bisa nahwu shorof... kita bisa beli versi terjemahnya.. agar bisa tahu maknanya

Tidak ada alasan pula tidak punya duit.... kitab2 itu harganya murah bahkan sangat murah bila dibanding paket internet....

Meski lulusan pesantren apabila kitab itu tidak dideres pun akan banyak lupa

Mungkin ini kenapa sama2 lulusan pesantren tapi bisa lain ilmunya...

Yang satu tetep nderes kitab sering dibuka
yang satu tidak dideres... kalau lah dia membuka lagi kitabnya atau beli kitab yang dulu pernah dipelajari dan dibuka lagi.. keingatlah dia akan pelajaran2 dulu yang telah dipelajari di pesantren...

kuncinya adalah dibuka kembali kitab2 nya...

Pun sama meski tidak pesantren tapi pernah ngaji kitab apabila sering dideres akan jadi ilmu yang bermanfaat...


No comments:

Post a Comment